Sabtu, 19 Juni 2010

Gerakan Sahabat Museum Kota Jogja

Peluncuran gerakan "Sahabat Museum" dipusatkan di Museum Perjuangan, Sabtu (19/6/2010), yang diikuti sekitar 300 siswa sekolah menengah pertama dan atas di Kota Yogyakarta. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta meluncurkan gerakan "Sahabat Museum" sebagai bagian program Tahun Kunjungan Museum yang digagas oleh pemerintah.

Gerakan sahabat museum ditujukan untuk menularkan 'virus' cinta museum dari siswa ke siswa-siswa lain sehingga museum tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan barang kuno dan tempat yang menyeramkan. Nantinya, 30 siswa dari sekolah menengah pertama dan atas di Kota Yogyakarta untuk mengikuti pembekalan sebagai perintis gerakan Sahabat Museum selama satu bulan tersebut dan bertugas menularkan virus cinta museum kepada teman-teman di sekolahnya dan menggagas kegiatan yang konkret untuk meningkatkan kecintaan terhadap museum.

Selain itu, gerakan Sahabat Museum penting digalakkan kepada siswa karena museum memiliki fungsi untuk mentransformasikan nilai-nilai budaya bangsa, ilmu pengetahuan, dan juga sebagai aset wisata di Kota Yogyakarta. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki museum terbanyak di Indonesia, yaitu dari total 275 museum di Indonesia, sebanyak 37 museum berada di DIY dan 18 di antaranya berada di Kota Yogyakarta.

Selama ini museum selalu dianggap sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang kuno. Anggapan itu perlu diubah karena museum sangat menarik. Gerakan Sahabat Museum merupakan bagian dari dukungan pemerintah untuk menggalakkan kunjungan ke museum dalam Tahun Kunjungan Museum.

Dalam peluncuran gerakan Sahabat Museum tersebut ditandatangani sebuah kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Badan Musyawarah Museum DIY, yang berisi kesepakatan untuk lebih meningkatkan perhatian kepada museum serta menugaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan untuk menindaklanjuti gerakan Sahabat Museum.

Semua siswa yang mengikuti peluncuran gerakan Sahabat Museum itu kemudian mengikuti kegiatan jelajah museum, yaitu berkunjung ke sejumlah museum dengan menggunakan sepeda.

Semoga program gerakan sahabat museum dapat berjalan dengan baik dan bersinambungan untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar