Sabtu, 26 Juni 2010

Kraton Yogya memasuki Era Digitalisasi

Semua manuskrip atau catatan sejarah yang ditulis tangan milik kraton yogya segera didokumentasikan dalam bentuk digital. Dikhawatirkan manuskrip kraton berupa buku dan naskah kuno akan mengalami kerusakan karena terlalu sering dibuka, padahal didalamnya berisi catatan penting soal sejarah kraton dan kebudayaan jawa. Kraton Yogya melakukan kerjasama dengan Universitas Leipzig Jerman. Proyek pelestarian naskah jawa yang dimiliki kraton diawali dengan MOU yang ditandatangani langsung oleh raja kraton Yogya Sultan HB X dengan direktur institute studi oriental Universitas Leipzig Jerman Prof Eckehard Schulz. Dan sultan HB X berharap manuskrip yang sudah terdigitalisasi dapat menerapkan managemen security agar aman dan tidak disalah gunakan.

Dengan adanya ini merupakan langkah maju yang dilakukan kraton Yogya dan disikapi secara positif oleh semua pihak. Bagi Kalangan akademisi dapat mengambil manfaat terutama dalam aktivitas penelitian untuk kepentingan akademisi. Sedangkan bagi dunia pariwisarta merupakan nilai plus untuk dijual bagi wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Oleh karena itu keberadaan kraton Yogya akan makin kokoh eksistensinya dengan adanya digitalisasi manuskrip tersebut.

-Salam berbudaya-

PAD terbesar dari sektor pariwisata

Hingga kini sektor pariwisata menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). contohnya saja PAD yang diterima kabupaten Sleman kurang lebih 55 milyar dan masih menduduki peringkat atas di propinsi DIY, dibandingkan kota jogja hanya mencapai 45 milyar. Saat ini permerintah pusat terus mengelontorkan dana pemberdayaan sektor pariwisata kepada pelaku wisata khususnya desa wisata didaerah-daerah. Dikarenakan Indonesia kaya akan wisata alam dan budayanya yang indah dan mempesona.

Keberadaan pemberdayaan kelompok sadar wisata( pokdarwis) sangat membantu perkembangan desa wisata dari potensi yang ada, sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Melalui pokdarwis juga mendekatkan wisatawan dan pelaku pariwisata, sesuai dengan kebutuhan. Dan dari 38 desa wisata vyang ada di kabupaten Sleman mempunyai ciri khas yang berbeda-beda dan menonjolkan potensi masing-masing serta filosofi tradisi sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung.

Sebagai contoh desa wisata Gamplong dan Sangubanyu, pengunjung dapat mengikuti paket pembelajaran cara membuat hasil kerajinan dari alat tenun bukan mesin (ATBM) baik perorangan maupun kelompok. Sedangkan di dusun Betakan diajarkan cara membuat pupuk organik pada sentra perternakan dan perikanan.

Sabtu, 19 Juni 2010

Gerakan Sahabat Museum Kota Jogja

Peluncuran gerakan "Sahabat Museum" dipusatkan di Museum Perjuangan, Sabtu (19/6/2010), yang diikuti sekitar 300 siswa sekolah menengah pertama dan atas di Kota Yogyakarta. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta meluncurkan gerakan "Sahabat Museum" sebagai bagian program Tahun Kunjungan Museum yang digagas oleh pemerintah.

Gerakan sahabat museum ditujukan untuk menularkan 'virus' cinta museum dari siswa ke siswa-siswa lain sehingga museum tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan barang kuno dan tempat yang menyeramkan. Nantinya, 30 siswa dari sekolah menengah pertama dan atas di Kota Yogyakarta untuk mengikuti pembekalan sebagai perintis gerakan Sahabat Museum selama satu bulan tersebut dan bertugas menularkan virus cinta museum kepada teman-teman di sekolahnya dan menggagas kegiatan yang konkret untuk meningkatkan kecintaan terhadap museum.

Selain itu, gerakan Sahabat Museum penting digalakkan kepada siswa karena museum memiliki fungsi untuk mentransformasikan nilai-nilai budaya bangsa, ilmu pengetahuan, dan juga sebagai aset wisata di Kota Yogyakarta. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki museum terbanyak di Indonesia, yaitu dari total 275 museum di Indonesia, sebanyak 37 museum berada di DIY dan 18 di antaranya berada di Kota Yogyakarta.

Selama ini museum selalu dianggap sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang kuno. Anggapan itu perlu diubah karena museum sangat menarik. Gerakan Sahabat Museum merupakan bagian dari dukungan pemerintah untuk menggalakkan kunjungan ke museum dalam Tahun Kunjungan Museum.

Dalam peluncuran gerakan Sahabat Museum tersebut ditandatangani sebuah kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Badan Musyawarah Museum DIY, yang berisi kesepakatan untuk lebih meningkatkan perhatian kepada museum serta menugaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan untuk menindaklanjuti gerakan Sahabat Museum.

Semua siswa yang mengikuti peluncuran gerakan Sahabat Museum itu kemudian mengikuti kegiatan jelajah museum, yaitu berkunjung ke sejumlah museum dengan menggunakan sepeda.

Semoga program gerakan sahabat museum dapat berjalan dengan baik dan bersinambungan untuk kedepannya.

Mengenal filosofi motif batik

Batik merupakan aset warisan budaya Indonesia dari nenek moyang yang turun temurun untuk generasi selanjutnya. Setiap motif batik terdapat filosofi didalamnya. Contohnya batik motif limaran biasanya digunakan dalam upacara tradisi labuhan. Sedangkan batik motif slobog biasanya digunakan untuk menutup jenazah sebelum dikuburkan. slobog itu berarti longgar. Maksudnya agar jiwa orang meninggal itu diberi kemudahan , kelonggaran saat menghadap sang pencipta.

Batik telah digunakan sejak manusia masih dalam kandungan hingga manusia tutup usia didunia. contoh lainnya seperti dalam upacara tradisi mitoni (tingkeban) yakni upacara ketika kandungan 7 bulan motif batik yang digunakan adalah sida mukti, sida luhur dan sida asih. Ada juga kain batik gedhongan dan kopahan yang digunkan untuk upacara saat bayi lahir. godhangan adalah kain batik yang digunakan untuk mengendong kendi berisikan ari-ari sebelum ditanam. sedangkan kopohan adalah kain batik yang digunkan sebagai alas bayi lahir.

Becak, garda depan promosi kota

Para pengemudi becak merupakan garda depan promosi kota. Untuk itu pemerintah daerah mulai melakukan pendataan jumlah pengemudi becak. Pendataan tersebut diserahkan kepada pegayuban masing-masing. seKaligus mengkaji penataan yang mereka inginkan sebagai bentuk partisipasi langsung mereka dalam proses pembangunan kota. Para pengemudi becak akan diberikan semacam pendidikan seputar etika menyambut para penumpang berbasis keramahtamahan. sehingga penumpang puas atas pelayanan yang diberikan pengemudi becak. Mereka juga harus tahu pengetahuan sekitar kota jogja (tempat wisata, sarana umum, kuliner, tempat hiburan, dll) sehingga bisa menjadi bahan pembicaraan antara pemudi becak dengan penumpang, terutama penumpang dari luar kota. Itu berarti pengemudi becak secara langsung mempromosikan kota.

Pelestarian Heritage belum menjadi obyek wisata

Khasanah budaya dan heritage Indonesia sangat beragam dan bernilai tinggi dan belum banyak menjadi obyek wisata yang mampu menyedot wisatawan, terutama mancanegara ke Indonesia. Ini terjadi karena perngelolaanya masih terbatas pada aspek pelestarian dan hampir belum menyentuh aspek pemanfaatan kepentingan kepariwisataan dan masih minimnya sarana penunjang. Menurut Prof Dr mundardjito dari universitas Indonesia, mengungkapkan daya pikat budaya dan heritage sebenarnya tidak semata pada fisik budaya dan heritage itu sendiri, tetapi juga filosofi dibalik kekayaan tersebut. Justru filosofi yang merupakan kearifan lokal tersebut , mampu memberikan nilai tambah sebab wisatawan disela-sela berwisata memperoleh sebuah pemahaman baru. Wisatawan dari negara-negara maju, menurutnya lebih tertarik pada hal-hal yang unik dan khas saat melakukan perjalanan wisata. seluruh stakeholder yang ada haruslah mendukung satu sama lain. agar dapat bernilai dan mendapatkan pemasukan dana dari wisatawan.

Memayu Hayuning Bawono

Filosofi pembangunan daerah istimewa yogyakarta adalah "Memayu Hayuning Bawono" dijabarkan dalam tiga hal diantaranya :
1. Rahayuning bawono kapurbo waskitaning manungsa
artinya dunia ini akan selamat tergantung pada kearifan manusia itu sendiri
2. Darmaning satrio mahanani rahayuning nagoro
artinya pemimpin negara dituntut untuk bisa berbuat memberi kontribusi pada kepentingan keselamatan negara
3. rahayuning manungso dumadi soko kamanungsane
artinya manusiapun bisa selamat hanya dimungkinkan kalau tumbuh rasa kemanusiaan sesama manusia itu sendiri

Selain itu harus dilandasi semangat"sawiji, greget, sengguh, nora mingkuh"

kemajuan suatu bangsa dengan pendidikan dan kesehatan

Pendidikan dan kesehatan adalah kunci kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu pemimpin/ penguasa harus memperhatikan pendidikan dan kesehatan dinegaranya.Di jepang, ketika kaisar Hirohito akan meninggal hal yang pertama yang ditanyakan berapa jumlah guru dan dokter dinegaranya. Memang membuat orang menjadi pintar itu mudah, tetapi membangun orang yang berkarakter itu sulit. dan sekarang ini diperhitungkan hanya SDM, kalau tidak produktif tidak bisa ikut dalam kehidupan kapitalis. Menurut ajaran Gandhi ada tujuh petaka bangsa:
1. Menginginkan kekayaan tanpa kerja
2. Kenikmatan tanpa kenikmatan hati
3. Pengetahuan tanpa karakter
4. Perdagangan tanpa moral
5. Ilmu tanpa tanpa kemanusiaan
6. Agama tnpa pengorbanan
7. Politik tanpa prinsip

Pohon jogja berbalut batik

Jogjakarta, Pohon-pohon besar di beberapa titik kawasan kota jogjakarta berbalut aneka batik. Itu terinspirasi saat pekan seni Biennale beberapa waktu lalu dan pula dari masyarakat bali. Hanya saja kalau di bali mengunakan kain tipis, sedangkan di jogja menggunakan media print out door sehingga awet. selain melestarikan keberadaan batik khas jogjakarta dan bertujuan untuk memperindah sudut kota. pohon yang sudah dibalut batik secara keseluruhan sebanyak 200 batang dan tersebar di kawasan dalam kota seperti depan istana gedung agung malioboro, jalan senopati, bahkan komplek balaikota. Motif yang di pasang seperti ceplok bolu rambat dan barong.

Dengan adanya pohon yang berbalut batik ini , bisa menjadi ajang sosialisasi makna disetiap batiknya bagi generasi muda dan tentunya memperindah serta mempercantik kawasan perkotaan agar dapat mendatangkan jumlah pengunjung baik domestik maupun mancanegara. kota yang bersih dan asri adalah harapan warga semua. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Minggu, 13 Juni 2010

Karakteristik Watak Pria berdasarkan tokoh wayang (part 2)

1.Bima (Si Mahal Cinta)
Keperkasaan pria bernama Bima tentu sudah tidak diragukan lagi. Watak Bima memang sangat jauh dari watak angkuh dan sombong, walau dikaruniai kekuatan yang luar biasa. Bima sangat tinggi rasa sayangnya terhadap orang tua dan saudara. Bima juga terkenal jujur kalau berbicara, bahkan tidak pernah berbohong. Namun Bima kurang suka sesuatu yang bersifat formal. Sang Bima selalu bersikap teguh memegang prisip, tidak gampang terhasut atau dipengaruhi dengan apapun, walau si penghasut mempergunakan berbagai jurus dan cara. Bima juga memiliki tenggang rasa yang sangat dalam terhadap siapapun, sehingga ia akan serta-merta memberi pertolongan kepada siapapun yang sedang dilanda musibah dan kesusahan. Ia juga sangat kuat berpegang pada sariat agama dan paugeran kenegaraan. Bima adalah sosok patriotis yang selalu setia kepada lingkungannya dan negerinya sendiri. Dalam komunikasi sosial, Bima dikenal sangat menghormati kaum wanita. Bima juga bukan tipe pria ‘mata keranjang’. Ketika dia tertarik dan memperisteri Dewi Arimbi, semata-mata ia tertarik pada keluhuran budi dan keagungan sang Dyah Ayu.

2.Durna (Paranormal Pengeruk Keuntungan)
Ketika mudanya, Durna bernama Bambang Kumbayana. Waktu itu Resi Durna begitu tampan dan ganteng. Bambang Kumbayana selalu berbusana mewah, sehingga penampilannya sangat meyakinkan. Tetapi karena wataknya yang hadigang-hadigung, maka wajahnya berubah menjadi tidak karuwan setelah dihajar habis-habisan oleh musuhnya. Resi Durna memang selalu berkostum jubah paranormal (Jw: Pandhita), tetapi perilakunya sangat nista dan hina. Durna dikenal dengan watak ‘bermuka dua’. Pria yang tidak berpendirian kuat dan penuh prasangka buruk, walau ia mengklaim dirinya sebagai ‘paranormal’. Durna juga dikenal sangat suka mendatangi para muridnya, karena di sana akan dihormati oleh murid-murid dan keluarganya. Semua kebutuhannya disediakan, bahkan kadang ia minta dijemput oleh para Korawa. Di balik jubahnya itu, Durna justru tega memanfaatkan setiap orang yang minta pertolongan, untuk kepentingan Durna sendiri. Bahkan ia tega memanfaatkan kesusahan ‘klien’-nya untuk kesenangan pribadi Durna sendiri. Meskipun demikian Durna sering bercerita tentang keberhasilannya dalam menolong sesama, sehingga para tamunya terbius oleh bujukannya. Ia madeg sebagai paranormal, memang hanya untuk mengeruk keuntungan. Namun resminya, Durna adalah penasihat spiritual Astina dan Pandawa.

3.Semar (Pembantu Bijaksana)
Jika pembaca adalah wanita, dan bersuamikan seorang pria yang sangat pandai mengasuh dan amat bijaksana, itu berarti tak jauh berbeda dengan karakteristik Sang Semar. Walau hanya seorang punakawan, sebenarnya Semar adalah turunan dari bangsawan, bahkan saudara Sang Hyang Guru Nata (dewa dari seluruh dewa) di Kahyangan. Walaupun Semar dikenal sebagai orang papa, ia memiliki insting yang sangat tajam, intuitif, dan memiliki watak kedewaan. Semar senantiasa adil dan bijak dalam memutuskan setiap masalah atau perkara. Bila diperintah menumpas keangkaramurkaan, Semar akan memperlihatkan kesejatian dirinya. Akan tetapi dalam keseharian, Semar selalu berpenampilan sebagai sosok titah sawantah belaka. Isteri Semar adalah Dewi Kanistri, yang selalu ditinggal pergi karena panggilan tugas mulia sang suami dalam menghamba kepada pemimpin dan bangsanya. Kehidupan keluarga Semar lebih mengedepankan lakutama daripada gemerlap duniawi.

4.Baladewa (Mudah Marah, Mudah Memaafkan)
Waktu mudanya, Baladewa bernama Raden Kakrasana, kakak Prabu Kresna. Baladewa berkulit putih kemerahan seperti turis (bule). Ia adalah lambang pria yang suka bersemedi, suka pati raga dan tirakat. Ia lebih banyak berkecimpung di dalam dunia ilmu ghaib. Waktu yang lain dimanfaatkan untuk berkiprah di bidang olah kaprajan, juga menempa strategi berperang. Baladewa memiliki watak sangat menyayangi keluarganya, terlebih kepada saudara perempuannya, Dyah Ayu Sembadra. Kemanapun pergi, Sembadra senantiasa dalam pengawalan Baladewa. Karakter yang menonjol dari Baladewa adalah mudah marah tapi juga mudah memberi maaf kembali. Hubungan kekeluargaan dengan Pandawa memang sedikit renggang, karena Baladewa banyak bermukim di Astina. Tetapi Baladewa juga serta-merta hijrah dari Astina, setelah mengetahui bahwa keluarga Astina telah melenceng dari kesepakatan dan pesan para leluhur. Baladewa bisa dilambangkan sebagai gambaran sosok pria yang setiap bertindak selalu serampangan, tanpa dipikir panjang terlebih dahulu, akhirnya justru malu sendiri setelah ketahuan kekeliruannya. Kelebihan lain dari Baladewa adalah berani mengakui secara jantan atas kekeliruan dan kekhilafannya.

Silahkan anda memilih sifat dan karakter tokoh wayang diatas sesuai dengan keinginan anda?


"Be my self & positif thingking"

Karakteristik Watak Pria berdasarkan tokoh wayang (part 1)

DUNIA pewayangan (wayang kulit) melalui tokoh-tokohnya sebenarnya memuat banyak simbol dan karakteristik watak manusia. Sejumlah tokoh pewayangan dengan jelas juga merupakan simbol karakteristik pria. Seperti tokoh Arjuna, pria lambang ketampanan, Yudhistira suka perdamaian, Bima adalah pria yang mahal dalam cinta dan tidak gampang tertarik terhadap perempuan. Berikut adalah beberapa watak dari sejumlah tokoh pewayangan, yang sering dijadikan simbol watak pria, yang disarikan dari pedalangan gaya Yogyakarta maupun Surakarta.

1. Arjuna (Lananging Jagad)
Nama Arjuna konon berasal dari kata Jun yang bermakna jambangan. Konon, nama Janaka juga berasal dari Bahasa Arab Jannah yang berarti sorga. Kedua kata tersebut mengandung makna hening atau keheningan. Arjuna memiliki sifat dan watak fitrah, murni. Tak sedikit wanita yang kasmaran kepadanya. Wujud ketampanan Sang Arjuna adalah lambang kehalusan serta keagungan budi seorang pria. Arjuna juga dikenal menyukai sesuatu yang bersifat estetis, asri, sangat sensitif jiwanya, dan lembut hatinya. Sang Arjuna sulit mengucap kata ‘tidak’ dan kata ‘jangan’, khususnya terhadap kaum wanita. Di situlah kelemahan Sang Arjuna, maka tak sedikit wanita yang sangat merindukannya, walau mereka telah bersuami.

2.Kresna (Politikus)
Ketika muda, Kresna bernama Narayana. Ia kemudian menjadi raja di Dwarawati. Meskipun secara fisik pria ini berkulit hitam, berdarah hitam dan berdaging hitam, tetapi Kresna tidak ‘hitam’ ulahnya. Kresna adalah lambang pria yang ramah, mudah bergaul, supel, banyak kawan, dan suka bercanda (humor). Ketika memberi fatwa, ia menggunakan berbagai sindiran yang begitu lembut, sehingga yang dinasihati tidak merasa sakit hati. Kresna banyak didatangi sahabat tua-muda dan pria-wanita, untuk sharing atau konsultasi. Umumnya, sepulang dari konsultasi dari Dwarawati, para ‘relasi’ Kresna pulang dengan menggenggam semangat. Kresna memang terkenal sangat strategis dalam menghadapi keluhan para ‘klien’-nya. Kresna memiliki karier yang sulit ditandingi, terlebih di bidang politik. Di mata sesamanya, Kresna memiliki wibawa yang sangat tinggi dan pengaruh yang luar biasa. Dedikasi dan loyalitasnya sangat oke, karena itulah semua anak buah Kresna patuh kepadanya. Dalam rumah tangga, Kresna tidak mengecewakan. Walaupun beristeri tiga orang, Kresna sangat adil. Nasihat yang terkenal dari Kresna kepada para isterinya ialah, agar mereka mengedepankan rasa kemanusiaan dan mengesampingkan busana glamour.

3.Drestharastra (Gagal Membina Isteri)
Drestharastra adalah saudara tua dari keluarga Pandawa, bibit darah Pandawa. Ketika Pandhu mangkat, singgasana kerajaan diambil alih oleh Drestharastra, sehingga Pandawa Lima tersingkir. Sebenarnya, Drestharastra memiliki watak agung budi, sabar dan suka mengalah. Tetapi karena terbawa oleh watak isteri tercintanya yang bengis dan ambisius, yang bernama Gandari, maka watak yang sabar, dan suka mengalah tersebut justru dimanfaatkan oleh Sang Gandari, untuk menyetir sang suami, agar sang suami mengikuti seluruh kehendaknya. Drestharastra bisa digambarkan sebagai lambang suami yang terkalahkan dan disetir sang isteri. Maka tidak mustahil jika watak Drestharastra, belakangan berubah. Tak mustahil pula kalau orang-orang yang bekerja pada Drestharastra, jarang yang betah lama, karena Gandari menganggap hina setiap orang yang menghamba kepada Drestharastra. Demikian juga kepada keluarga sang suami. Drestharastra sendiri tak bisa berbuat apa-apa. Gandari memang cantik, tetapi ia berwatak iri, dengki, semena-mena, dan mudah terhasut. Semua perwatakan itu sangat mempengaruhi watak Drestharastra. Bahkan anak-anak Drestharastra yang berjumlah 100 orang, tak ada satupun yang bisa dijadikan teladan.

Sabtu, 12 Juni 2010

Yudhistira lambang manusia sabar ,adil dan cinta perdamaian

Prabu Yudhistira (Sang Ludira Seta) termasuk putra sulung Pandawa, putra dari Dewi Kunthi dan betara Dharma. Ketika mudanya bernama Puntadewa, raja Amarta. Puntadewa juga terkenal dengan sebutan gelar Sang Ludira Seta yang artinya berdarah putih. Ini melambangkan pria yang tulus ikhlas dalam berbagai hal. Bahkan dalam satu cerita, Puntadewa rela memberikan isteri tercintanya ketika diminta oleh orang lain yang sangat mengagumi dan mencintainya. Yudhistira adalah lambang dari pria yang teguh hati, penyabar dan suka perdamaian. Sangat setia terhadap isteri, anak dan keluarganya. Yudhistira sangat benci terhadap permusuhan.

Walaupun bermandi harta, Yudhistira menentang poligami, sehingga isterinya hanyalah satu, Dyah Ayu Drupadi. Ketika muda, Yudhistira gemar berbusana yang indah-indah, tetapi setelah tua dia justru berpenampilan sederhana. Orangnya pendiam tidak banyak bicara. Kalaupun berbicara tidak banyak direkayasa supaya menarik perhatian orang. Ia sabar, jujur dan adil serta pasrah dalam menghadapi cobaan hidup. Dialah prabu yudhistira.

Karena jujur dan sabar harus disertai kesumerahan, maka ia mampu memenjarakan nafsu. kesabaran tanpa kesumerahan belum dapat dikatakan sabar. Untuk melukiskan sejauh mana kesabaran dan kesumerahannya, dijelaskan dalam kisah sebagai berikut:

Ketika itu Pandawa sedang berada di hutan Kamiaka. Mereka sedang menjalani hukuman buang selama 13 tahun akibat tipu daya kaum Kurawa. Lapar dan dahaga serta bahaya yang setiap saat mengancam merupakan derita yang amat sangat. Tetapi berkat keteguhan dan ketabahan serta tak putus-putus berdoa kepada Hyang Maha Tunggal kesemua itu dapat diatasi.




Pesta akbar piala dunia 2010

Go go go. Salam olahraga

Jumat, 11/11/2010, pesta akbar piala dunia 2010 digelar. Negara Afrika Selatan didaulat menjadi tuan rumah ajang piala dunia persepakbolaan ini . Hajatan 5 tahunan ini, merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh warga dunia dan pastinya pecinta sepak bola. Entah siapa yang akan menjadi juara pada piala dunia tahun ini karena ini masih diawal pertandingan. Pastinya masih penasaran dan menunggu kejutan hingga 11 juli 2010 mendatang. 32 negara besaing ketat untuk mendapatkan piala sang juara.

Andai bangsa Indonesia ikut diajang piala dunia 2010, pasti ada rasa bangsa dan kita akan membela mati-matian dan berdoa agar menang tentunya. Tapi prestasi pesepakbolaan di Indonesia masih dapat rapot merah , itu berati harus berlatih lagi dengan rajin agar mendapat rapot hijau. Dan tentunya tidak ada aksi anarkis bagi suporter yang kalah. Setiap permainan ada menang kalah dan itu wajar serta harus menyikapinya dengan berjiwa besar.

Kita optimis bahwa bangsa Indonesia mampu dan bisa menjadi peserta piala dunia persepakbolaan dunia dan mampu menjadi tuan rumah piala dunia mendatang.



"Jer basuki mowo beyo"